Sosialisasikan PerKI Internal KPU

kpu-probolinggokab.go.id - KPU bergerak cepat sosialisasi peraturan Komisi Informasi no 01 2019 tentang standar layanan dan prosedur penyelesaian sengketa informasi pemilu dan pemilihan. Sosialisasi dilakukan kepada internal, yaitu jajaran komisioner, Sekretaris, Kasubag dan staf. Sosialisasi internal dimaksudkan agar terjalin kesamaan persepsi dalam melayani permintaan informasi pemilu dan pemilihan oleh publik.               

 

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di ruang tengah KPU Kabupaten Probolinggo sejak pukul 09.00. Pemaparan PerKI 01 2019 disampaikan oleh Divisi Parmas dan SDM, Aliwafa. Dalam pemaparannya, Aliwafa menyampaikan adanya perubahan kecenderungan perubahan paradigma layanan informasi pasca reformasi. "Kalau sebelum reformasi, semua informasi tertutup kecuali yang dibolehkan dibuka. Setelah reformasi, semua informasi terbuka kecuali yang dikecualikan", kata Aliwafa. Lebih lanjut dinyatakannya bahwa perKI 01 2019 bersifat khusus bagi penanganan sengketa informasi pemilu dan pemilihan. Sementera perKI nomor 14 tahun 2008 berlaku bagi semua instansi publik. Dalam PerKI 01 2019, penentuan informasi yang dikecualikan dilaksanakan oleh Ahli.                                   

 

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim, menyatakan bahwa pemahaman yang sama terhadap layanan dan prosedur informasi publik berdasarkan regulasi yang ada cukup strategis. Hal itu disebabkan adanya perspektif yang berbeda mengenai informasi yang dikecualikan kepada publik. "Sosialisasi peraturan semacam ini penting dilakukan secara bertahap. Agar pemahamannya mendalam dan lengkap", demikian kata Lukman.

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top