Kpu-probolinggokab.go.id, Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR dan DPRD merupakan proses penggantian anggota dewan yang diberhentikan antarwaktu oleh calon PAW dengan perolehan suara terbanyak berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Parpol yang sama dan Dapil yang sama demikian definisi PAW dalam rapat koordinasi  yang diselenggarakan oleh Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setda Provinsi Jawa Timur.

 

Agus Hariyanto Andinata Divisi Teknis melaporkan bahwa dalam kegiatan rapat koordinasi menjelaskan tentang mekanisme usulan pemberhentian dan pengangkatan PAW “pemberhentian dilakukan karena  meninggal dunia, diberhentikan, mengundurkan diri atas  keinginan diri sendiri atau ditetapkan sebagai calon peserta dalam pemilihan kepala daerah” terangnya.

 

Sedangkan untuk calon yang berhak menjadi calon PAW adalah Calon dengan perolehan suara terbanyak urutan berikutnya pada parpol dan dapil yang sama, tambahnya.

 

Selain itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengajuan calon Pengganti Antar Waktu bahwa PAW  tidak dapat dilaksanakan apabila sisa masa jabatan Anggota DPR, DPD dan DPRD yang digantikan kurang dari 6 (enam) bulan terhitung sejak surat Permintaan PAW dari Pimpinan Dewan diterima oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

 

Rapat koordinasi dilaksanakan di kota Madiun 22-23 Oktober diikuti oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan Komisioner KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur serta  Kabag Pemerintahan.

 

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top