Kunjungan Kerja KPU Ke Dispendukcapil

kpu-probolinggokab.go.id - Dispendukcapil Probolinggo dukung kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) KPU Probolinggo. Hal tersebut dinyatakan oleh Munaris, Kepala Dispendukcapil dalam kunjungan kerja KPU Probolinggo ke Kantor Dispendukcapil (Senin pagi, 28/9). Munaris merupakan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil yang baru saja dilantik Bupati. Dalam pertemuan ini pihak Dispendukcapil menyampaikan siap maksimalkan mendukung sesuai ketentuan yang berlaku. "Kami siap mendukung KPU sepanjang sesuai dengan Undang-Undang", ungkapnya. Ketua KPU Probolinggo, Lukman Hakim menuturkan, kunjungan kerja ke Dukcapil diperlukan untuk memperkuat kerjasama yang sudah terjalin dan memperhatikan agenda Pleno PDPB yang ditetapkan dalam pleno tiap akhir bulannya.

 

Sekretaris KPU Probolinggo, Hj.Ulfiningtyas menuturkan bahwa Kunjungan kerja ini sebagai bentuk memperkuat kerjasama kedua belah pihak sekaligus perkenalan secara langsung Komisioner Anggota KPU Probolinggo dengan Kadis Dukcapil yang baru dilantik. Hal tersebut diperlukan untuk menunjang kerjasama KPU dan Dukcapil. "Terkait persiapan Pilkada 2023/2024 KPU tentunya harus menyusun rancangan dan perencanaan, salah satunya tentang pemutakhiran data pemilih, ketika sudah masuk masa tahapan pemilu maka diharapkan data sudah siap, karenanya diperlukan sinkronisasi data". Ucap Ulfiningtyas. Kadis Dukcapil menerima baik kunjungan KPU Probolinggo. 

 

Komisioner KPU Probolinggo Divisi Program dan Data, Mohammad Zamroni mengungkapkan kegiatan PDPB perlu dukungan Dispendukcapil sebagai penyedia data kependudukan. Ia menjelaskan bahwa KPU Probolinggo harus menetapkan perbaikan data pemilih dilakukan tiap bulan melalui Pleno sesuai petunjuk KPU. "Sampai saat ini masih terus melakukan updating data pemilih, baik pemilih baru, maupun pemilih tidak memenuhi syarat (TMS)". "Saat ini kesulitan KPU karena terkendala Pandemi Covid-19, walaupun demikian PDPB merupakan kewajiban KPU" lanjut Ia menyampaikan. Zamroni berharap agar KPU diberi kemudahan akses data. 

 

 Kadis Dukcapil, Munaris bersama KPU

 

Mengenai teknis akses data, menurut Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Wiwik Nurbaidah. Akses kependudukan oleh OPD/Instansi diberikan dengan terbatas by nik per hari. Sedangkan untuk instansi KPU sebelumnya telah ada MOU antara KPU dan Kemendagri namun dengan terbatas sepanjang tidak melanggar udnang-undang. Pihak KPU sudah mendapatkan akses data by nik secara online. Salah satu cara tercepat untuk mengkroscek data adalah dengan cara penyandingan data KPU dan Dispendukcapil. Dan itu telah dilakukan secara teknisnya dilakukan oleh staf IT kedua pihak. Pihak KPU telah terbantu oleh Dispendukcapil, terutama mengenai apakah daftar pemilih baru hasil PDPB telah memenuhi syarat KTP-L/Rekam dan memastikan telah berusia 17 tahun.

 

Kerjasama KPU dan Dispendukcapil selama ini sudah berjalan baik. Koordinasi akan terus dilakukan untuk perbaikan data pemilih dimasa mendatang, dan memastikan KPU telah siap dengan Daftar Pemilih yang telah mutakhir. (Lsn)

 

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top