Video Conference

 

Rapat Koordinasi oleh KPU RI meminta jajarannya untuk melaksanakan tugas secara profesional, terbuka dan integritas. Ketiga prinsip tersebut menjadi kunci sukses dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara. Komisioner Divisi SDM KPU RI, Ilham Saputra menyatakan hal itu dalam pengarahannya kepada jajaran KPU di Indonesia. 

 

Menurutnya yang perlu menjadi perhatian adalah kelengkapan data dukung penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan penggunannya. "Data dukung secara tertulis dan keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan", Ujar Ilham. 

 

Sampai saat ini terdapat 385 Anggota PPK dan PPS (non-aktif) yang tidak dapat menjalankan tugasnya karena berbagai sebab, diantaranya ada yang meninggal dunia, mengundurkan diri atau tidak lagi memenuhi persyaratan. Hal ini tentunya memerlukan data pendukung berupa dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya surat keterangan kematian, surat pernyataan pengunduran diri atau dokumen yang bisa menjelaskan bahwa yang bersangkutan tidak lagi memenuhi syarat. 

 

Dalam regulasi dinyatakan bahwa pengaktifan anggota PPK dan PPS harus didahului dengan keterpenuhan persyaratannya, sesuai prosedur dan mekanisme yang ditetapkan. "Yang terpenting sedapat mungkin mendukung transparansi, integritas dan kualitas. Bila itu terpenuhi, maka penyelenggaraan pemilihan dapat dipenuhi", kata Ilham. 

 

Saat ini merupakan meletakkan pondasi yang kuat dalam penyelenggaraan pemilihan di tengah wabah pandemik covid-19. Keterlaksanaan pemilihan serentak di masa pandemik memang harus dipersiapkan secara matang, baik aturan, data, SDM beserta daya dukung pendanaan yang cukup. Pelaksanaan pemilihan serentak secara terencana dan terkoordinasi akan memiliki dampak yang positif bagi masa depan demokrasi Indonesia.

 

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top