Video Conference

 

Pemilihan serentak harus dilaksanakan pada Desember 2020. Sehubungan dengan keputusan tersebut, KPU diminta bersikap profesional terkait dengan pesta demokrasi di tingkat daerah tersebut. Sebagai penyelenggara, KPU kabupaten/kota melaksanakan pemilihan serentak sebagaimana telah diputuskan dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara KPU, Kemendagri dan Komisi II DPR RI. 

 

Ilham menyatakan bahwa keputusan tersebut telah melalui pertimbangan yang matang dengan berbagai perspektif. Terutama terkait dengan pandemi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. "Tentunya harus ada penyesuaian-penyesuaian terkait dengan kondisi Covid-19. Protocol Covid harus ditaati. Patuhi protocol Covid-19 dalam setiap tahapan pemilihan serentak", Tegas Ilham. 

 

Berbagai penyesuaian memang harus dilakukan oleh KPU yang menyelenggarakan pemilihan serentak. KPU RI juga telah menyiapkan berbagai regulasi untuk kesuksesan pelaksanaan pemilihan serentak tersebut. Regulasi tersebut meliputi PKPU (peraturan komisi pemilihan umum), SE (surat edaran) maupun SD (surat dinas). 

 

Lebih lanjut Ilham menyatakan bahwa pelaksanaan pemilihan serentak hendaknya mengakomodir adanya kebutuhan. Misalnya kebutuhan sosialisasi, pendataan pemilih, kampanye, pemungutan, dan penghitungan suara. Tahapan-tahapan tersebut harus dilakukan dengan model-model baru menyesuaikan dengan perkembangan. "Keselamatan penyelenggara, peserta dan pemilih merupakan hal utama. Tentu, harus ada perlakuan-perlakuan khusus", demikian disampaikan Ilham saat pelaksanaan halal bihalal KPU Jawa Timur.

 

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top