Informasi kepemiluan memiliki peran penting dalam perkembangan demokrasi di Indonesia. Penanganan informasi dan dokumentasi di KPU dilakukan oleh PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi). Pengelolaan PPID berada di bawah koordinasi Divisi Parmas. Keputusan tersebut sebagaimana tertuang dalam PKPU nomor 03 tahun 2020.


Komisioner Divisi Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyatakan bahwa pengelolaan PPID dibawah kendali Parmas. "Silahkan teman-teman Parmas segera melakukan koordinasi dan konsolidasi terkait dengan penanganan PPID di masing-masing kabupaten/kota. Lakukan kegiatan sosialisasi dan informasi yang sifatnya internal dan berskala kecil. Tetap patuhi protokol Covid-19", kata Gogot.


Kegiatan PPID memberikan layanan informasi yang dibutuhkan publik sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. "Layanan informasi PPID mengacu pada peraturan Komisi Informasi nomor 01 tahun 2019 dan peraturan lainnya yang releva", kata Aliwafa, Komisioner Divisi Parmas. Untuk itulah, akan dilakukan bimbingan teknis dan sosialisasi terhadap staf PPID dan operator. Pelaksanaannya setelah disepakati dalam rapat pleno.


PPID harus dikelola sesuai dengan aturan-aturan. Pemgelola PPID juga harus memiliki DIP (daftar informasi publik) yang mengatur informasi yang berlaku. Aturan tersebut mengatur informasi yang tersedia setiap saat, informasi berkala, informasi yang dilarang dan informasi yang dikecualikan.

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top