Pemikiran tentang inovasi pelaksanaan pemilu disampaikan SMKN 2 Kraksaan saat acara KPU Goes to School dan Campus Jum'at, 08 Nopember 2019. Siswa siswi SMKN 2 Kraksaan menggunakan sistem E-Osis dalam pemilihan ketua di sekolah tersebut. Adalah Bapak Heru, Guru SMKN 2 Kraksaan,  menyampaikan perkembangan tersebut dalam sambutannya.

 

Menurutnya pelaksanaan pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan E-Osis lebih efektif dan efisien dari sisi waktu dan biaya. Siswa yang memiliki hak pilih sebanyak 1818 orang. "Kalau sebelumnya, kami selalu meminjam kotak suara ke KPU Kabupaten Probolinggo untuk pelaksanaan pemilihan OSIS. Tapi pada pemilihan OSIS tahun 2019 dilakukan dengan aplikasi E-Osis. Kebetulan yang membuat aplikasinya anak-anak sendiri", demikian penjelasan Heru. Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, ALIWAFA, menyambut baik inovasi E-Osis tersebut.

 

Dikatakannya bahwa pemilihan ketua dengan menggunakan E-Osis merupakan kreativitas anak bangsa di SMKN 2 Kraksaan. Dia meminta pengurus OSIS untuk belajar tentang demokrasi di sekolahnya. Pembelajaran tentang Pemilu di sekolah-sekolah memiliki arti penting. Mereka pada saatnya akan menjadi pemilih dan juga calon pemimpin di Probolinggo di masa mendatang.

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top