kpu-probolinggokab.go.id - Siang itu Sabtu (26/10) suasana sekitar pantai Bohay cukup sejuk, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam pengurus BADKO HMI Jatim tampak sibuk di Hall Room Paiton Resort Hotel. Ya mereka sedang menggelar acara Ngaji Demokrasi dengan setting tema "Titik Nadir Demokrasi Indonesia".

 

Acara yang dikemas dalam format diskusi tersebut menghadirkan tiga Keynote Speaker, yakni Wakil Bupati Probolinggo H Timbul Prihanjoko, Ketua KPU kabupaten Probolinggo Lukman Hakim dan Ketum BADKO Jatim Yogi Pratama. Acara juga dihadiri perwakilan Polres Kabupaten Probolinggo yang berkesempatan memberikan sambutan dan apresiasi atas penyelenggaraan acara tersebut.

 

Sebagai pembicara pertama Timbul Prihanjoko mempertanyakan apakah betul Demokrasi kita memang benar-benar dalam posisi titik nadir atau justru sebaliknya. " Bila dibandingkan dengan zaman saya saat ini kebebasan berekspresi dan berkumpul jauh lebih terbuka. Lalu di mana titik nadir demokrasinya," ujar Wakil Bupati yang sudah dua periode ini. Lantas giliran ketua KPU Kabupaten Probolinggo memaparkan rumusan ideal demokrasi. Lukman Hakim menyampaikan bahwa ciri-ciri negara demokrasi di antaranya supremacy of law, equality before the law, impartial Tribune dan adanya Civic Education.

 

"Itulah beberapa syarat ideal demokrasi. Nah tinggal sekarang bagaimana kondisi demokrasi di Indonesia. Bila jauh dari idealitas tersebut maka layak dikatakan bahwa demokrasi sudah pada titik nadir. Saat ini kita masih banyak melihat bahwa hukum ditegakkan, adanya persamaan dalam hukum, hukum tidak pandang bulu, dan adanya pendidikan kewarganegaraan," paparnya.

 

Selanjutnya pada kesempatan ketiga ketum Badko HMI Jatim banyak mengupas demokrasi dari sisi filsafat. Jebolan fakultas Sospol Universitas Jember itu tampak piawai menganalisa demokrasi dari sisi filosofi. Tampak para peserta yang merupakan aliansi Cipayung yakni HMI, PMII, GMNI, IMM, aktivis BEM UNUJA, BEM UPM dan elemen mahasiswa lainnya tersebut sangat antusias mengikuti paparan demi paparan. Bahkan ketika sesi tanya jawab mereka yang rata-rata santri milenial ini banyak memberikan pertanyaan atau bahkan kritikan.

 

Acara diskusi ini memang sengaja dikemas dalam tajuk Ngaji Demokrasi di mana bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN). Gayung bersambut dengan acara ini, dalam waktu dekat KPU Kabupaten Probolinggo juga akan menggelar program Sekolah Demokrasi yang dibalut dalam acara KPU Goes to Campus. Tinggal ditunggu saja tanggal mainnya. Semoga bisa memperkaya khazanah wawasan demokrasi kita. Amiin

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top