kpu-probolinggokab.go.id - Genderang perang jelang Pilkada serentak 2020 tampaknya mulai ditabuh, setidaknya hal ini merujuk pada acara yang diikuti KPU Kabupaten Probolinggo yakni seminar nasional menyongsong Pemilu 2020 yang digagas Bawaslu Jawa Timur di hotel Dafam Lotus Jember siang (18/10) tadi.

 

Tak main-main narasumber nasional sekaliber Direktur LSM Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini dihadirkan dalam acara tersebut. Ia hadir untuk memperkaya diskusi bersama komisioner KPU RI Ilham Saputra dan juga komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin. 

 

Pada kesempatan pertama Ilham Saputra memaparkan kesiapan dan persiapan KPU dalam menyongsong Pemilu serentak tahun 2020. "Pilkada serentak 2020 nanti akan mencatat sejarah sebagai pilkada serentak terbesar. Setidaknya akan ada 270 daerah yang menggelar hajatan Pemilu. Terdiri atas 9 provinsi 224 kabupaten dan 37 kota" ujarnya dengan suara khasnya yang mirip rocker itu.

 

Lebih lanjut Ilham menjelaskan di Jawa Timur saja akan ada 19 kabupaten kota yang menggelar Pilkada. "Jawa Timur dianggap siap dan mampu untuk menerapkan sistem E-rekap yang saat ini sedang dimatangkan KPU RI yang menggandeng ITB," ujarnya.

 

Tampil sebagai pemateri kedua giliran pentolan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin memberikan paparannya terkait persiapan Bawaslu RI menyongsong Pemilu serentak 2020. "Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk menunjang kinerja Bawaslu. Terutama perbaikan dari sisi regulasi. Hal ini supaya Bawaslu tidak terkesan punya nafsu besar untuk menegakkan kedaulatan Pemilu, namun tenaga kurang," ujarnya yang disambut gelak tawa hadirin.

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top