kpu-probolinggokab.go.id - Rasa bangga dan terharu ketika menerima penghargaan terbaik ortug dari Komisioner KPU RI Bapak Ilham Saputra belumlah hilang, namun hari ini (17/10) sudah bisa bertemu lagi dengan beliau di acara Seminar Nasional Evaluasi Pemilu 2019 di hotel Dafam Lotus Jember.

 

KPU kabupaten Probolinggo juga diundang sebagai peserta dalam acara yang berskala nasional ini. Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim dan Divisi Hukum Pengawasan Cung Ali Samsuri hadir langsung di tengah-tengah peserta yang terdiri atas KPU, Bawaslu, Parpol, Mahasiswa dan perwakilan stakeholder Pemilu itu. Pada kesempatan tersebut Ilham Saputra, komisioner yang membidangi SDM ini banyak bicara hal seputar plus minus penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 lalu. "Ada beberapa hal yang patut diperbaiki dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 kemarin, salah satunya terkait rekap. KPU RI telah bekerjasama dengan ITB untuk penerapan E-rekap dalam Pemilu serentak 2020 nanti," ujarnya. Meski demikian menurut komisioner KPU RI yang bersuara mirip rocker ini belum ada petunjuk pasti bagaimana teknis pastinya terkait E-rekap ini. "Kita tunggu saja bagaimana hasilnya. Nanti pasti akan disosialisasikan bila sudah siap," paparnya.

 

Pemerintah berencana menerapkan sistem rekapitulasi elektronik (e-rekap) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di daerah-daerah percontohan yang siap secara infrastruktur, perencanaan, maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Adapun dasar melakukan e-rekap telah diatur pada pasal 111 UU Pilkada Nomor 1 Tahun 2015. Sistem rekapitulasi hasil pemilu secara elektronik tersebut dipastikan mempersingkat tahapan Pilkada 2020. KPU mengklaim sudah mendapat sejumlah tanggapan positif atas rencana e-rekap untuk pilkada tahun depan. 

 

Dengan e-rekap tidak ada lagi rekapitulasi manual dan berjenjang, sehingga dapat mempersingkat tahapan. Karena itu, KPU memprediksikan rekapitulasi hasil pilkada nanti paling lama dilakukan selama tiga hari. Setelah selesai, hasil rekapitulasi itu akan ditetapkan. 

 

Dalam seminar nasional yang digelar Bawaslu Jatim ini turut hadir pula sebagai narasumber komisioner Bawaslu Jatim Muh Ikhwanudin Alfianto. Selain itu acara juga dihadiri ketua KPU Jatim Choirul Anam dan Komisioner Gogot Cahyo Baskoro. Begitu pula pentolan LSM Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) yakni Mbak Titi Anggraini.

 

Semoga dengan acara seminar ini bisa menambah wawasan kepemiluan serta utamanya ada poin-poin resolusi untuk perbaikan Pemilu ke depan. Apalagi di Jawa Timur akan ada 19 kabupaten kota yang akan menggelar Pemilu serentak pada tahun 2020 nanti. Amiin

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top