Kopri Memberikan Masukan Atas Pelaksanaan Pemilu 2019

 

kpu-probolinggokab.go.id - Para aktivis Kopri Inzah Kraksaan menyampaikan catatan kritis terhadap pelaksanaan pemilu serentak 2019. Menurutnya mereka, secara umum, pelaksanaan pemilu 2019 telah berlangsung efektif dan efisien, namun pada beberapa aspek perlu perbaikan.

 

Aspek yang menjadi titik tekan adalah perihal masih adanya money politics di dalamnya. "Bagaimana caranya membasmi politik uang. Hal ini sangat penting untuk dihilangkan karena menyangkut kualitas demokrasi di Probolinggo", demikian disampaikan Lina. Menimpali hal tersebut Lukman Hakim menyampaikan bahwa soal pengawasan merupakan ranah Bawaslu dan ditangani oleh Gakumdu (penegakan hukum terpadu). Namun demikian aktivis mahasiswa bisa berkontribusi dengan memberikan pendidikan politik warga (civic education).

 

Dengan adanya penyadaran terhadap warga money politics dapat dihindarkan. Lina melanjutkan bahwa perlu dilakukan penguatan dalam undang-undang. "Undang-undang Pemilu harus tegas dalam membasmi politik uang. Jangan ada toleransi terhadap politik uang. Apapun bentuknya", begitu tegas Lina

 

 

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top