Probolinggo, 18/07/2019 -Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur (Gogot Cahyo Baskoro) menyatakan bahwa evaluasi fasilitasi kampanye merupakan hal penting. Hal tersebut untuk melihat, membaca, merasakan dan menilai pelaksanaan fasilitasi APK yang dilakukan oleh KPU Probolinggo. Demikian yang disampaikan oleh Gogot dalam Acara Evaluasi Fasilitasi Kampanye yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Probolinggo di Gedung Paseban Sena Probolinggo (18/07/2019). Kegiatan evaluasi ini diharapkan memunculkan rekomendasi atau masukan-masukan dari peserta yang hadir untuk peningkatan kualitas pelaksanaan Pemilu dimasa-masa mendatang.

 

Pada kesempatan ini, Peserta diminta memberikan penilaian secara objektif terhadap penyelenggaraan pemilu serentak 2019. Menurutnya Fasilitasi APK telah dilaksanakan melalui perencanaan yg matang dan koordinasi dengan pihak terkait, baik penyelenggara, peserta pemilu dan kalangan masyarakat. Dalam pemaparannya, Gogot secara lugas menjelaskan detail tahapan kampanye Pemilu serentak 2019 yang dinilai oleh sebagian  caleg terlalu lama. Rentang waktu antara September 2018 hingga April 2019.

 

 

Acara evaluasi yang berlangsung dengan format FGD (Focus Group Discussion) ini dihadiri dari berbagai elemen masyarakat, diantaranya OPD Terkait, Polri, TNI, Bawaslu, LSM serta Mahasiswa, Terutama yang paling berkepentingan yakni Parpol atau LO yang mewakili.

 

Gogot menambahkan bahwa Kampanye harus mengacu pada Prinsip-prinsip pelaksanaan Pemilu, metode kampanye beserta materinya. Gogot menyampaikan agar peserta pemilu pemilu mentaati peraturan yang ada dalam berkampanye. "Semua pihak harus mentaati peraturan yang ada sehingga pemilu berlangsung secara Luber dan Jurdil" ucap Gogot.

 

Dalam kegiatan ini muncul beberapa rekomendasi, diantaranya usulan bahwa waktu kampanye diperpendek menjadi 4 (emapt) bulan saja, karena dinilai terlalu lama dan membuat banyak terjadi hoaks di masyarakat. Hal lain yang diusulkan yaitu agar KPU selain membuatkan banner juga sekalian memasangnya "Karena tidak semua parpol punya anggaran uang paku", ujar salah satu LO.

 

Terakhir, Gogot menanggapi masukan dari peserta yang hadir serta akan menampung rekomendasi dan masukan-masukan dari semua peserta untuk menjadi bahan perbaikan Pemilu. Acara berlangsung lancar dan menghasilkan rekomendaasi dan problem solving cukup banyak. Somaga hasilnya bisa dijadikan referensi oleh KPU Kabupaten/Kota lain atau bahkan KPU Provinsi mengingat KPU Kabupaten Probolinggo adalah yang pertama kali melakukan acara ini di Jawa Timur. (edited)

 

 

 

 
komisioner
Komisioner Periode 2019-2024

Pengumuman 

Link 


Ruang Opini

Partisipasi

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top