Malang, kpu-probolinggokab.go.id (11 Juli 2019) - "Evaluasi untuk melihat dan menilai kegiatan - kegiatan yang sudah kita (KPU dan Badan Adhock) laksanakan, kemudian meneliti dan menganalisa terhadap kegiatan selama Pemilu berlangsung, Apakah ada yang perlu diperbaiki atau apakah ada yang perlu dipertahankan". Pesan penting ini disampaikan oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur (Eberta Kawima) dalam acara Rapat Evaluasi dan Pembubaran PPK se Kabupaten Probolinggo, Kamis-Jumat (11-12/07/2019) di Malang. Rapat tersebut dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Probolinggo.

 

Pemilu Serentak kali ini dirasa cukup berat, namun secara umum Pemilu berjalan dengan sukses dan karenanya, Eberta Kawima menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara di Kabupaten Probolinggo telah mensukseskan Pemilu 17 april 2019.

 

Eberta Kawima menerangkan bahwa salah satu tolak ukur kualitas penyelenggaraan Pemilu adalah dengan cara menganalisa terhadap indikator-indikator (kegiatan di setiap tahapan), penilaiannya tersebut dianggap bagus atau kurang kemudian hasilnya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pemilu selanjutnya.

 

Eberta Kawima menjelaskan dua hal kepada peserta rapat yang hadir, yaitu mengenai Integritas dan Akuntabilitas. PPK sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu harus memiliki jatidiri yang netral serta mensukseskan setiap tahapan Pemilu. Sementara itu, PPK diminta untuk melaporkan dan menyelesaikan pertanggungjawaban keuangan (SPJ). "Penyelenggara Pemilu (PPK) harus secara tertulis dan terdokumentasikan melaporkan pertanggungjawaban penggunaan anggaran, kemudian dibukukan" tegasnya.

 

Dalam rapat diskusi ini, beberapa masukan yang diberikan oleh PPK antara lain mengenai masa kerja penyelenggara PPK/PPS yang sangat pendek, menurut salah satu anggota PPK mengusulkan penyelenggara dapat dibentuk dan dibubarkan 6(enam) bulan sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu. Ada juga yang mengusulkan agar ada penambahan honor untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengingat beban kerja KPPS yang cukup berat. Selain itu juga disinggung tentang ketersediaan dan pengelolaan logistik Pemilu agar dapat tersedia jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Pemilu berlangsung. Menanggapi masukan dari para penanya, Eberta Kawima selaku narasumber dalam acara tersebut menampung masukan dan tanggapannya untuk disampaikan dalam rangka perbaikan Pemilu kedepan.

 

Terakhir ia berharap agar tersusunnya laporan pertanggungjawaban kegiatan dan pengelolaan anggaran yang bersih dan berwibawa, sebagaimana konsensus yang ingin dicapai pemerintah dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum sebagai bagian dari Kementrian/Lembaga Pemerintah dalam upaya ikut menciptakan Clean Goverment atau Pemerintahan yang baik.

 

 
komisioner
Komisioner Periode 2019-2024

Pengumuman 

Link 


Ruang Opini

Partisipasi

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top