kpu-probolinggokab.go.id - KPU Kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih (Mutarlih) Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur bersama KPU Kabupaten/Kota. Acara berlangsung di Mojokerto (10/07/2019).

 

Nurul Amalia, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Perencanaan Data dan Informasi dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa KPU mempunyai kewajiban memutakhirkan data pemilih untuk menjamin hak konstitusional warga untuk bisa memilih/dipilih. Pada Tahun 2020 setidaknya terdapat 19 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilbup/Pilwali) di Jawa Timur. Untuk itu, Mutarlih menjadi penting dalam rangka updating awal Daftar Pemilih usai Pemilu Serentak.

Pemutakhiran pada periode ini akan dilakukan dengan cara mengakomodir Daftar Pemilih Khusus (DPK) hasil Pemilu 2019 dedalam DPT. Untuk dapat diketahui bahwa, DPK adalah warga pengguna hak pilih yang hadir dalam Pemilu 2019 ke TPS dengan menggunakan KTP-Elektronik dikarenakan belum masuk didalam DPT.

Mutarlih berkelanjutan ini merupakan program kegiatan untuk memutakhirkan Daftar Pemilih yang sudah ada, yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu sebelumnya (*Pemilu 2019). Insan Qoriawan KPU Divisi Teknis juga memaparkan bahwa Mutarlih Berkelanjutan tujuannya untuk menghasilkan Daftar Pemilih menjadi berkualitas.

Hadir dri KPU Kabupaten Probolinggo yaitu Mohammad Zamroni Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin) beserta Operator Sistem Pemutakhiran Data Pemilih (Sidalih) nya. Rencananya usai koordinasi ini, KPU Probolinggo akan segera memutakhirkan data pemilih. 

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top