Kpu-Probolinggokab.Go.Id - KPU Probolinggo menyelenggarakan Bimtek penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum tahun 2019, Kamis 27 Juni 2019 di Bale Hinggil Kota Probolinggo. Hadir dalam acara tersebut Komisioner KPU, Ketua Bawaslu, fungsionaris Parpol, Caleg berpotensi terpilih, Dinas terkait, TNI dan Polri.                              


Pada Bimtek terbit dibahas Teknik penetapan Caleg terpilih dengan menggunakan sistem Saint Lague. Model penghitungan perolehan kursi tersebut merupakan cara baru dalam Pemilu 2019. "Jumlah kursi yang diperoleh  di Kabupaten Probolinggo sebanyak 50 kursi yang terbagi dalam tujuh Dapil" demikian dikatakan Komisioner KPU Probolinggo Agus Andinata yang menangani Divisi Teknis.


Dalam Bimtek tersebut juga  disampaikan tentang kewajiban pertama Caleg terpilih, yaitu penyelesaian LHKPN. Laporan tersebut harus dilakukan oleh Caleg terpilih kepada lembaga yang berwenang. "Menurut PKPU 2 2019 pasal 37 ayat 1 disebutkan bahwa caleg terpilih wajib menyerahkan LHKPN kepada lembaga yang berwenang", Demikian Aliwafa Komisioner KPU Probolinggo. Pria yang menangani Divisi  Parmas SDM tersebut menyatakan bahwa sesuai PKPU nomor 5 tahun pasal 37 b dinyatakan bahwa tenggat yang disediakan adalah 7 hari setelah ditetapkan sebagai Caleg terpilih. Ketua KPU Probolinggo, Lukman Hakim, menyatakan bahwa penetapan akan dilaksanakan antara tanggal 3 atau tgl 4 Juli 2019.

 

Foto Geleri Klik disini

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top