Kpu-Probolinggokab.Go.Id. Selasa (26/12/2018) KPU Kabupaten Probolinggo melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) tahap kedua kepada Bendahara dan Operator partai politik di Hotel Orin Hall and Resto Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memantau sejauh mana proses penginputan sumbangan dalam aplikasi Sistem Aplikasi Dana Kampanye (Sidakam). Divisi Hukum KPU Kabupaten Probolinggo, Ainol menjelaskan bahwa hari terakhir pembuatan laporan adalah tanggal 1 Januari 2018. Ia mengingatkan agar Ketua dan Bendahara Partai Politik aktif memantau dan  tidak sedang berada di luar kota dalam beberapa hari ke depan.

“Laporan ini kewajibannya partai politik, bukan caleg. Pengurus partai harus proaktif dan mudah untuk dihubungi sewaktu-waktu” tegas Ainol. Ia menambahkan laporan tersebut harus dibuat dalam 4 (empat) rangkap, satu rangkap asli untuk arsip partai politik, sementara tiga rangkap lainnya diperuntukkan bagi KPU Kabupaten Probolinggo, Bawaslu Kabupaten Probolinsso, serta KPU Provinsi Jawa Timur. Sesuai ketentuan perundang-undangan, batas akhir penyerahan LPSDK adalah tanggal 2 Pebruari 2018 pukul 18.00 WIB. “Kami menghimbau agar operator partai politik sudah hadir di kantor pukul 08.00 WIB. Kami layani konsultasi apabila masih terdapat kesulitan” papar Ainol.

Dalam pertemuan tersebut hadir anggota Bawaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan. Ia menghimbau agar parpol kooperatif dalam pembersihan bahan kampanye dalam bentuk branding mobil. Zaini menambahkan bahwa caleg sedapat mungkin tidak melakukan politik uang. Apabila dilanggar, maka pihaknya siap memproses pidana pemilu terhadap pelakunya. “Setiap laporan masuk pasti akan kami tindak lanjuti. Saya pastikan kami akan tegas memberikan sanksi” ujarnya. (ORI)

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: kpu_kab.probolinggo@yahoo.co.id

Peta Petunjuk Arah

Jejaring Sosial

Login

Scroll to top