Kpu-probolinggokab.go.id, KPU RI terus berinovasi. Bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, lembaga penyelenggara pemilu tersebut mencanangkan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Kegiatan tersebut digelar dalam bentuk focus group discussion (FGD). FGD diikuti oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota se-Indonesia. Komisioner dan Sub Koordinator KPU Kabupaten Probolinggo mengikuti acara tersebut melalui Zoometing.

 

Program DP3 merupakan strategi KPU meningkatkan partisipasi masyarakat. "Program ini dibangun untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pemilu dan pemilihan", tegas Evi Novida Ginting. 

 

DP3 memiliki arti strategis. Harapannya masyarakat teredukasi mengenai demokrasi substantif dan elektoral. "Kita berharap pemilu dan pemilihan di desa-desa berlangsung dengan kualitas demokrasi yang baik", demikian dituturkan oleh Virya Azis.

 

DP3 mengarah kepada terbangunnya desa melek pemilu dan pemilihan. Hal tersebut dilakukan agar terjadi pendidikan politik bagi warga desa. "Ada beberapa metode yang dipakai. Metode langsung dan tidak langsung", Kata I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Lebih lanjut dikatakannya bahwa materi yang disampaikan nantinya meliputi demokrasi, pemilu dan partisipasi. Juga sistem dan tahapan, teknik komunikasi, pendidikan pemilih. 

 

Peserta program DP3 terdiri dari pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih disabilitas, tokoh masyarakat atau tokoh agama dan pemilih pemula. "Mereka sudah  berusia 17-50 tahun", tegas Raka Sandi.

 

 
komisioner
Komisioner Periode 2019-2024

Link 


Ruang Opini

Partisipasi

Info Publik

Progres Pemutakhiran

JDIH

jdih

Berita Terbaru 

Redaksi Website

KPU Kabupaten Probolinggo

Jl. Raya Panglima Sudirman no. 440
Kec. Kraksaan Kab. Probolinggo
Prov. Jawa Timur
Telp. (0335) 843076, 846428
Email: admin@kpu-probolinggokab.go.id

Peta Petunjuk Arah

Login

Scroll to top